Macam-Macam Layanan di Internet


Layanan di Internet
Internet bukan hal yang aneh, mewah ataupun baru di dunia masa kini. Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita semua. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet. Berikut ini adalah beberapa macam Layanan internet beserta fungsi-fungsinya :
1. E-mail
Email ini bisa dikatakan adalah layanan pertama dalam dunia internet. Layanan ini ditujukan untuk surat menyurat. Email bekerja seperti kotak. Meskipun tidak ada di rumah, surat itu bisa tetap anda terima. Begitu pula email, meskipun kita tidak sedang online, namun kita tetap bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia. Saat ini email tidak hanya berisi teks saja, tetapi bisa dilampiri gambar, foto, suara bahkan video. Berkirim dan menerima email adalah hal yang sangat umum terjadi dan dilakukan oleh semua orang di internet. Dengan email kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan fasilitas ini, asalkan sudah memiliki alamat email tertentu.

2. File transfer protocol (FTP)

FTP atau file transfer protocol adalah layanan di internet untuk melakukan transfer antara komputer dengan banyak server di internet. FTP digunakan untuk mengirim dan menerima file diantara komputer di seluruh dunia. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita dapat menyalin sebuah atau banyak file ke komputer kita.

3. Tele Networking (Telnet)

Telnet berfungsi untuk mengakses komputer/server dari jauh. Telnet merupakan program yang bisa membuat komputer menjadi pusat dari komputer lain di internet. Telnet membuat seorang pemakai komputer dapat masuk ke komputer lain dan menjalankan program di komputer tersebut. Namun dalam telnet kita hanya dapat menjalankan program dan perintah dalam mode teks saja. Saat ini telnet jarang digunakan karena koneksinya bisa dibajak atau dibaca. Versi telnet yang lebih aman adalah SSH atau Secure Shell yang pada prinsipnya sama.

4. Internet Relay Chat (IRC)

IRC ini adalah fasilitas chatting publik yang lebih dulu ada dibanding sistem perpesanan (messenger) seperti saat ini, misalnya Yahoo! Messenger, MSN, Facebook Chat dan lain sebagainya. IRC memiliki channel, dimana setiap orang dapat berkomunikasi secara publik. IRC juga dapat membuat anda menghubungi satu orang tertentu dan bercakap-cakap secara teks dengannya secara pribadi yang disebut dengan private message. Anda dapat pula mengatur satau percakapan dengan beberapa orang sekaligus dalam satu konferensi alias group. Hampir semua fitur yang ada dalam messenger masa kini semuanya ada disini.

5. Newsgroups

Newsgroups adalah layanan di internet yang merupakan salah satu dari mailing list di internet tidak seperti mailinglist yang menggunakan email sebagai medianya, newsgroup menggunakan jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Dalam setiap komputer terdapat beberapa newsgroup yang kemudian dibagi berdasarkan topik umum dan dibagi lagi menjadi sub-topik dibawahnya. UseNet sendiri adalah sistem kelompok diskusi dengan artikel-artikel yang didistribusikan ke seluruh dunia. UseNet memiliki ribuan kelompok diskusi yang mencakup semua hal dan topik yang ada di dunia ini.

6. World Wide Web (WWW) atau Web

WWW adalah sebuah sistem dalam internet yang memberikan fasilitas informasi yang cepat dan menggunakan teknologi hiperteks. Layanan ini adalah layanan yang paling dikenal oleh banyak orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan pranala hiperteks yang disebut hyperlink untuk menuju pada halaman tertentu pada web server. Halaman web bisa berisi suara, gambar, animasi, teks atau program perangkat lunak yang dapat menjadikannya dokumen yang dinamis. Pengguna mengakses World Wide Web dari sebuah browser, yaitu sebuah program yang dapat menampilkan file HTML, seperti misalnya Mozilla Firefox, Opera, Chrome, UC Browser, dll..






0 Response to "Macam-Macam Layanan di Internet"

Posting Komentar

Welcome In Creating Website

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Pencet Sini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!