Contoh Laporan Khutbah Idul Adha


Laporan Khutbah Idul Adha 1935 H

Tempat                 :         Masjid Ar-Rahman
Waktu                  :         Minggu, 5 Oktober 2014
Pukul                    :         06.30 – selesai.
Khatib                  :         Tukiran Iksan Nur Khamid
Isi Ceramah                   :        
          Allah SWT memberi banyak fadhilah disetiap tahun Hijriyyah, termasuk pada bulan Dzulhijah ini, Allah SWT memberi anugerah yang tidak sedikit untuk manusia yang bertakwa kepada Allah SWT, maka beruntunglah orang yang bisa menggunakan waktu luangnya untuk selalu beribadah agar mendapat pahala dari Allah SWT.
Hal-hal yang diperintahkan oleh Allah SWT agar mendapat banyak pahala di bulan Dzulhijah ini diantaranya        :
1.     Memperbanyak Amal shaleh pada 10 hari awal bulan Dzulhijah     Memperbanyak amal shaleh pada hari itu memang akan mendapat banyak pahala karena menurut hadits apabila shalat pada tanggal 1-9 Dzulhijah pahalanya seperti puasa satu tahun, shalat malam pada hari itu seperti shalat pada malam Lailatul Qadr. Juga memperbanyak membaca takbir, tahmid, dan tahlil sejak malam takbiran hingga hari tasyrik waktu ashar. Melaksanakan puasa Arafah pahalanya bisa menghapus dosa 2 tahun, yaitu 1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang.
2.     Melaksanakan Ibadah Haji bagi orang yang mampu
Pada tanggal 8 jamaah haji niat dan memakai kain ihram ke Arafah, juga saat akan pergi ke Mina. Kemudian tanggal 9 melaksanakan Wuquf di Arafah. Tanggal 10 lempar jumrah Aqobah di Mina, selanjutnya melaksanakan tahallul. Selanjutnya Tanggal 11,12 dan 13 melaksanakaan lempar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah, selanjutnya tanggal 14 jamaah haji melaksanakan Thawaf Ifadhah, Sa’I dan Tahallul.
3.     Shalat Idul Adha
Shalat Idul Adha sudah disyariatkan sejak tahun Hijriyah dan hukumnya sunnah muakad, karena Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan Shalat itu.
4.     Ibadah Qurban
Qurban sesungguhnya sudah diperintahkan sejak Nabi Adam AS, yang diperintahkan kepada Qobil dan Habil, Qabil dan Habil adalah putra Nabi Adam AS. Qurban Qobil tidak diterima oleh Allah SWT karena tidak memenuhi syarat, sedangkan qurban Habil diterima karena memenuhi syarat.
Qurban yang biasanya kita laksanakan juga sudah disyariatkan sejak jaman Nabi Ibrahim, yang diperintahkan untuk menyembelih putra kesayangannya, yaitu ismail. Yang perintah itu tidak akan dilaksanakan oleh orang yang tidak taat.

Sejarahnya adalah pada saat Malam 8 Dzulhijah, Nabi Ibrahim AS mimpi untuk menyembelih putranya,Ismail AS. Pada malam 9 Dzulhijah Nabi Ibrahim AS mimpi lagi yang mimpinya sama persis seperti sebelumnya. Pada malam 10 Dzulhijah Nabi Ibrahim juga mimpi lagi, sehingga Nabi Ibrahim AS yakin bahwa mimpi itu adalah perintah Allah SWT.

0 Response to "Contoh Laporan Khutbah Idul Adha"

Posting Komentar

Welcome In Creating Website

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Pencet Sini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!